ADVERTORIAL


Kiat Sukses Menyanyi di Depan Umum


Bagi Anda yang punya hoby menyanyi, pasti sesekali waktu pernah di minta untuk menunjukan kemampuan Anda di muka umum. Entah dalam acara-acara pertemuan keluarga, hingga acara pernikahan kerabat atau teman. Jika Anda telah cukup terlatih tentu bukan menjadi masalah. Namun bagaimana bila sebaliknya? Pertimbangkan dulu kesanggupan Anda dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini. 

1.  Pahami performa suara Anda saat itu.
Performa suara tidaklah selalu pada puncaknya. Adakalanya suara lelah dan butuh istirahat, atau sedang terserang flu. Tentunya hanya Anda sendiri yang dapat menilai. Jika pada performa yang kurang baik, cobalah untuk memilih lagu-lagu yang tidak terlalu tinggi dan terlalu rendah.

2. Lakukanlah pemanasan singkat / Humming.
Menyanyi hampir sama dengan olah raga. Untuk melakukannya diperlukan gerakan otot-otot di sekitar mulut dan leher. Dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu, Anda akan lebih mudah menjangkau setiap nada lagu dan perpindahan antar nada ke nada akan lebih enak didengar. Bersenandung adalah salah satu cara untuk melakukan pemanasan. Dengan mulut tertutup cobalah untuk menyenandungkan kombinasi dari beberapa nada.

 3. Jangan menyanyi saat suasana hati sedang kacau

Saat menyanyikan sebuah lagu, otak kita akan membuat target pada tiap nada dan itu membutuhkan konsentrasi. Jika suasana hati sedang kacau Anda akan sulit berkonsentrasi. Hal itu dapat menyebabkan Anda menyanyi dengan buruk.

4. Jangan menyanyi setelah makan terlalu kenyang.
Makan terlalu kenyang akan berpengaruh pada pernafasan begitu pula dengan minum. Pada kondisi ini sebaiknya urungkan niat Anda untuk menyanyi.

5. Carilah lagu yang telah benar-benar Anda kuasai
Memilih lagu yang telah Anda kuasai akan meningkatkan kepercayaan diri. Kepercayaan diri yang baik akan berpengaruh pada pernafasan dan konsentrasi pada saat membawakan sebuah lagu di atas panggung.

6. Pahami makna menyanyi
Yang terakhir yang cukup penting adalah memahami makna dari menyanyi di atas panggung. Menyanyi di atas panggung berbeda dengan menyanyi di rumah ataupun berkaraoke di suatu ruangan. Ketika menyanyi di atas panggung Anda menjadi seorang penghibur bagi penonton. Anda cukup menyanyikan satu atau dua buah lagu dengan benar. Jangan mengkhawatirkan bagus atau tidaknya suara. Sepertinya tidak terlalu sulit untuk menyanyi dengan nada yang benar. (dmr)

Baca Juga : Teknik Vokal   


0 komentar:

Post a Comment

ADVERTORIAL

 

Member Of