ADVERTORIAL


Fakta antara Lembar Ujian dan Pensil 2B




Menggunakan Pensil 2B harus setebal mungkin, dan apabila dirubah harus terhapus sebersih mungkin!

Ketika mengikuti ujian, baik ujian sekolah, masuk perguruan tinggi, hingga tes masuk kerja, biasanya kita diharuskan mengisi di selembar kertas berformat bulatan bulatan kecil dengan menggunakan pensil 2B. Nah, mengapa demikian?


Lembar Jawab KomputerLembar Jawab yang Anda isi tersebut bukanlah selembar kertas biasa, tapi sudah didesain sedemikian rupa untuk bisa dibaca oleh komputer. Nantinya Lembar Jawaban tersebut akan diperiksa menggunakan scanner yang telah terhubung ke komputer untuk menampilkan nilai hasil ujian tersebut.


Pensil 2B
Pensil 2B digunakan untuk menandai jawaban pada lembar Jawab. Mengapa harus menggunakan pensil 2B? Karena pensil 2B adalah pensil dengan hasil tulisan terhitam yang masih mudah dihapus dengan bersih tanpa meninggalkan kerusakan pada kertas. Apabila Benar benar yakin dengan jawaban lebih baik lagi menggunakan Spidol hitam.

Pensil 2B

Beginilah cara kerjanya pada koreksi Hasil Ujian Menggunakan Komputer :
  1. Program Scanner Periksa Nilai (bisa dibeli secara online di www.invir.com)
  2. Lembar jawab yang akan diperiksa diletakkan ke scanner. (dalam hal ini digunakan scanner Automatic Document Feeder/ADF Karena memperhitungkan faktor kecepatan)
  3. LJK yang telah di scan akan langsung diolah oleh software Periksa Nilai dan secara otomatis akan menampilkan tabel nilai dengan nama, nomor peserta ujian, dll. Software tersebut mendeteksi coretan pensil 2B sebagai jawaban.
  4. Setelah selesai scan, Hasil akumulasi nilai2 tersebut di export ke format exjel, jpeg, dll.
Scanner ADF
Itulah sepitas cara penilaian ujian menggunakan komputer. Mungkin tidak terlalu penting bagi Anda. Tapi dengan pemahaman tersebut akan membantu Anda maupun Anak Anda untuk lebih tahu cara mengisi dengan benar. Karena kesalahan dalam mengisi pada lembar jawab kadangkala terjadi karena tidak memahami prosesnya. (dmr)

0 komentar:

Post a Comment

ADVERTORIAL

 

Member Of